5/10/2013

Wanita-wanita di Sekeliling Si "Agen Sapi"



Kuasa hukum Vitalia Sesha, Farhat Abbas, mengungkap nama baru wanita yang pernah dekat dengan Ahmad Fathanah. "Dulu pernah 2005, sama Novia Ardhana," kata Farhat kepada wartawan di KPK, Jakarta, Jumat (10/5). Hubungan tersangka kasus korupsi impor daging sapi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) itu dengan Novia, kata Farhat, berlangsung dua bulan.

Ahmad Fathanah
Namun, selama dua bulan menjalin hubungan, Fathanah menurut Farhat, sudah memberikan mobil Honda Jazz berwarna putih kepada artis yang sudah jarang masuk TV ini. Tak hanya mobil, Fathanah juga kata Farhat membelikan berbagai perhiasan dan uang Rp 50 juta kepada Novia. Farhat menyebut uang yang diberikan kepada Novia sebagai “uang pacaran” dari Fathanah (http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/13/05/10/mmkv3m-fathanah-juga-pernah-pacaran-dengan-novia-ardhana).

Bahwa Ahmad Fathanah dekat dengan sejumlah perempuan, bukan rahasia lagi. Setelah memunculkan nama Maharany Suciono dan artis Ayu Azhari—yang sempat membantah menerima uang dari Fathanah— seorang model foto majalah Popular bernama Vitalia Shesya, muncul dan mengaku pernah diberi mobil pria asal Makassar ini.

Nama Vitalia pertama kali muncul terkait penyitaan mobil Honda Jazz bernopol B 15 VTA milik tersangka Ahmad Fathanah. Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi, menyebutkan, mobil itu disita dari seorang perempuan muda bernama Vitalia Sesha. KPK kemudian memeriksa Vitalia, lalu terungkaplah bahwa Fathanah memberikan mobil tersebut kepada Vitalia.

Fathanah juga terbukti memberikan sejumlah uang, dan juga jam tangan merek Chopard senilai Rp 70 juta. Kepada penyidik KPK, Vitalia mengaku bahwa hubungannya dengan Fathanah hanya sebatas teman. Manajernya, Yuni, juga membantah Vitalia sebagai istri muda Fathanah (http://news.detik.com/read/2013/05/07/051359/2239663/10/?nd772204topnews).

Sementara itu, Kamis (9/5/2013), Fathanah yang ditahan di Rutan KPK, dibesuk istri mudanya, Sefti Sanustika.  Belum ada informasi barang apa yang disita KPK dari Sefti, namun setelah penggerebekan KPK pada 31 Januari 2013, Sefti  tidak lagi menempati Apartemen Margonda Residence.

Pria yang disebut-sebut orang dekat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq itu semakin menjadi perhatian publik. Karena ada beberapa wanita cantik yang datang ke KPK dan menyerahkan barang-barang yang diduga merupakan hasil tindak pidana pencucian uang Fathanah.

Selain Vitalia, sebelumnya  dari Ayu Azhari KPK menyita uang tunai Rp 20 juta dan 1.800 dolar AS. Dari perempuan lainnya yang diduga dekat dengan Fathanah bernama Tri Kurnia Puspita, KPK menyita mobil Honda Freed bernopol B 881 LAA, gelang Hermes bernilai Rp 50 juta, dan jam rolex (http://news.liputan6.com/read/582160/fathanah-dibesuk-istri-mudanya-sefti-sanustika).  Diduga, uang yang digunakan Fathanah untuk membeli barang yang diberikan kepada perempuan-perempuan itu berasal dari tindak pidana korupsi.

Sefti yang mengaku satu-satunya istri Ahmad Fathanah, menganggap hubungan suaminya dengan perempuan-perempuan lain itu sebatas teman (http://nasional.kompas.com/read/2013/05/09/15183817/Istri.Fathanah.Suami.Saya.Hanya.Berteman.dengan.Perempuan.Itu). Tri Kurnia yang juga penyanyi dangdut dengan nama panggung Nia Karina, menurut Sefti adalah teman dekatnya. "Dia menikam saya dari belakang," kata Sefti geram kepada detikcom dan Trans7 di kediamannya di Depok, Jabar, Rabu (8/5/2013). (http://news.detik.com/read/2013/05/08/122632/2240948/10/istri-muda-fathanah-tri-kurnia-menikam-saya-dari-belakang?nd772205mr).

Mengenai wanita-wanita yang mendapatkan hadiah-hadiah dari suaminya ini Sefti mengatakan, "Kami berdoa saja agar wanita-wanita tersebut diberi hidayah dan bertaubat, jangan lagi mengganggu suami orang," kata Sefti,  kepada Tempo, Kamis, 9 Mei 2013, malam. Mantan artis dangdut ini juga mengatakan, penerimaan barang-barang dengan tidak wajar seperti itu seharusnya tidak dilakukan oleh perempuan baik-baik  (http://www.tempo.co/read/news/2013/05/10/063479241/Sefti-Semoga-Para-Wanita-Fathanah-Bertobat).

Meski sempat syok dan sedih, Septi tak kehilangan cinta maupun kepercayaan pada suaminya. Apalagi, ia diyakinkan dengan pernyataan yang terlontar dari mulut Fathanah sendiri. "Bapak selalu bilang, 'Mama kamu sabar aja. Saya sayang kamu, saya hanya sayang kamu,'" ujar ibu satu anak dari Fathanah ini, kepada VIVA.co.id, Kamis, 9 Mei 2013 (http://nasional.news.viva.co.id/news/read/411609-fathanah-dekat-dengan-sejumlah-wanita--istri-sempat-marah).

Kepiawaian Ahmad Fathanah menggaet perempuan dipertegas dalam persidangan kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi dengan terdakwa Direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Abdi Arya Effendi, pada Rabu (8/5/13). Sahrudin, sopir pribadi Fathanah, yang sengaja didatangkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi, menyatakan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tertanggal 5 Februari 2013, bahwa dia pernah diminta Ahmad Fathanah mengantar bersama seorang perempuan ke sebuah hotel di kawasan Cikini.

"Pada 16 Januari 2013, saya pernah diminta Ahmad Fathanah untuk mengantarnya ke Hotel Kaisar di Jalan Duren tiga, Jakarta, dan menurunkan Fathanah di sebuah kafe dangdut di basement hotel sekitar pukul 02.00 WIB," ucap Sahrudin dalam BAP yang dibacakan oleh penasihat hukum Juard dan Arya, Bambang Hartono, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, tersebut.  

Tak lama kemudian, Fathanah minta kembali dijemput dari basement hotel. Pria itu tampak keluar dengan seorang perempuan cantik menggunakan pakaian berwarna biru. "Lalu, ikut masuk ke mobil. Dari Hotel Kaisar, saudara Fathanah  meminta saya mengantarkan ke sebuah hotel di daerah Cikini. Nama hotelnya saya tidak ingat," sebut Sahrudin dalam BAP.Setelah menurunkan Fathanah di hotel kawasan Cikini itu, Fathanah berpesan: bila istrinya menelepon agar dijawab dia sedang berada di kantor DPP PKS.

"Sekitar 40 menit menunggu, Ahmad Fathanah bersama rekan wanitanya, saya jemput dari lobi hotel. Dan kemudian, kami berdua mengantarkan wanita tersebut ke daerah Rawamangun. Setelah mengantarkan ke sana, saya dan Ahmad Fathanah pulang ke Depok," simpul Sahrudin dalam BAP (http://news.okezone.com/read/2013/05/08/339/804093/kecoh-istri-fathanah-check-in-dengan-wanita-lain).

Kasus suap impor daging sapi terungkap saat KPK menangkap orang dekat Luthfi, Ahmad Fathanah, di Hotel Le Meredien, Jakarta, pada 29 Januari lalu. Saat itu, Fathanah ditemani seorang wanita muda bernama Maharany Suciono. Fathanah diduga menerima uang Rp 1 miliar dari direktur dan pemilik PT Indoguna Utama selaku importir daging, yaitu Juard Effendi dan Arya Abadi Effendi (http://www.tempo.co/read/news/2013/05/10/063479241/Sefti-Semoga-Para-Wanita-Fathanah-Bertobat).**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar