4/02/2013

Bepe Mundur dari Timnas: Saya adalah Generasi yang Gagal



“Pintu untuk timnas masih mungkin terbuka di masa mendatang. Akan selalu ada kemungkinan untuk kembali,” Ujar Bepe lewat Twitter-nya.

Merasa tidak mampu mempersembahkan satu pun gelar bergengsi untuk Timnas Garuda, menjadi salah satu alasan Bambang Pamungkas untuk pensiun dari tim nasional tersebut. Legenda sepakbola Indonesia ini menuliskan curahan hatinya itu di blog pribadinya soal keputusan tersebut. 
Bambang Pamungkas

"Pada akhirnya saya memang harus menerima kenyataan bahwa tidak ada satu gelar bergengsi yang mampu saya berikan untuk Indonesia. Dan oleh karena itu seperti yang pernah saya janjikan, di akhir artikel ini saya akan berteriak dengan lantang, bahwa "Saya adalah Generasi yang Gagal,” tulis striker Persija ini di blog pribadinya tersebut.

Meski demikian, Bambang Pamungkas tetap merasa terhormat mengenakan kostum merah-putih. Dia pun mengungkapkan, “Cepat atau lambat, jersey merah-putih itu pasti akan tanggal dari badanku. Akan tetapi satu hal yang pasti, lambang garuda itu akan tetap melekat di dada kiriku, tinggal di sana sampai akhir hayatku.” (http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/13/04/02/mklo9r-bepe-saya-adalah-generasi-yang-gagal

Selain melalui blog, Bepe, julukan Bambang Pamungkas, juga berkicau di akun Twitter-nya @Bepe20. Bahkan Bepe menyebarkan kabar mengejutkan untuk resmi pensiun dari timnas, melalui akun Twitter tersebut. “Awalnya saya pikir semuanya akan berjalan dengan mudah. Tinggal merangkai kata, upload ke blog pribadi, dan kemudian menyebarluaskan melalui akun Twitter saya. Selesai perkara,” tulis Bepe.

“Tetapi pada kenyataannya tidak semudah yang terpikir di benak saya. Butuh waktu lama untuk pada akhirnya saya berani untuk menulisnya. Padahal keputusan ini sudah saya ambil sejak empat bulan yang lalu.”  (http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2013/04/02/3871032/gejolak-sepakbola-nasional-alasan-bambang-pamungkas-mundur?source=breakingnews&ICID=HP_BN_1) 

Di blognya Bepe mengatakan, dia sudah memberi pertanda untuk mundur saat mengenakan nama “Pamungkas” di kostum timnas saat ajang Piala AFF 2012. "Ketika itu pada detik-detik terakhir, saya memutuskan menggunakan nama ‘Pamungkas’ daripada ‘Bambang’ seperti yang biasa saya kenakan di jersey tim nasional saya," tulis Bepe. Dalam bahasa Indonesia, kata “pamungkas” memiliki arti “menjadi yang terakhir”. "Saat itu saya memutuskan bahwa pagelaran Piala AFF 2012 akan menjadi penampilan resmi terakhir saya, bersama tim nasional Indonesia."

Bergabungnya Bepe ke timnas ketika itu bukan pilihan mudah, mengingat hal itu bertentangan dengan kebijakan klub yang dibelanya, Persija Jakarta, dan juga institusi tempatnya berafiliasi (IndonesiaSuper League/ISL dan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia/KPSI). "Banyak orang yang menganggap saya ingkar janji, tidak sedikit yang menganggap saya sebagai seorang pengkhianat," jelasnya. Akan tetapi, kata Bepe, dia berusaha selalu berkata benar jika memang benar dan salah jika memang demikian adanya, apa pun risikonya (http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/freekick/13/04/02/mklp2c-bepe-nama-pamungkas-di-kostum-timnas-jadi-pertanda).

Kabar mundurnya Bepe sebenarnya sudah lama berembus. Ketua Umum Persija Jakarta, Ferry Paulus, pada Agustus 2012, bahkan sudah memberi sinyal mundurnya Bepe. Alasannya ketika itu, Bepe merasa bersalah kepada klub Persija dan resmi mengundurkan diri dari tim nasional di bawah komando PSSI era Djohar Arifin Husin.

Pengunduran diri Bepe dari timnas, menurut Ferry, setelah dipanggil manajemen Persija terkait tindakan indisiplinernya pada 4 Agustus 2012. Saat itu, eks pemain Selangor FC, Malaysia, tersebut, memenuhi panggilan timnas Indonesia untuk beruji tanding melawan klub Spanyol, Valencia. Bepe dinilai melakukan tindakan indisipliner dengan memperkuat timnas Indonesia saat berlaga melawan "Los Ches". Sebelumnya, Persija melarang para pemainnya untuk memperkuat timnas Indonesia, tak terkecuali sang kapten.

Alasan lain mundurnya Bepe dari timnas kata Fery, adalah kondisi sepak bola Indonesia yang sedang tidak kondusif, dengan situasi bahwa Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengamanatkan seluruh masalah organisasi kepada joint committee yang dibentuk dan disetujui para pihak pada 7 Juni 2012. "Kami menarik pemain kami (dari timnas) sampai kondisi sepak bola membaik dan tidak kisruh lagi," ucap Ferry.http://bola.kompas.com/read/2012/08/11/04530527/Bepe.Mundur.dari.Timnas

Dengan demikian, Bepe mengakhiri 14 tahun kariernya di skuat Garuda. Pemain berusia 32 tahun itu sudah memperkuat timnas sejak tahun 1999 dan telah mencatatkan 96 caps dengan torehan 44 gol.

Bepe memulai kariernya di timnas saat masih berusia 18 tahun, pada laga timnas melawan Estonia, 2 Juni 1999. Pada pertandingan yang berkesudahan 2-2 itu Bepe langsung mencetak gol. Terakhir, Bepe memperkuat timnas di ajang Piala AFF 2012 lalu. Usai itu, ia mundur dari Persija karena gajinya masih ditunggak. Ia pun tak masuk seleksi skuat timnas yang berlaga melawan Arab Saudi di kualifikasi Piala Asia 2015, 23 Maret lalu (http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/13/04/01/mkkipo-bambang-pamungkas-pensiun-dari-timnas-indonesia).

Meski begitu, Bepe masih memungkinkan jalan untuk kembali ke timnas. Menanggapi kicauan para follower di akun Twitter-nya, ia menulis bahwa pintu untuk timnas masih mungkin terbuka di masa mendatang. "Akan selalu ada kemungkinan untuk kembali, walau sejujurnya persentasenya tidak terlalu besar," tulis Bepe (http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/13/04/02/mkln0c-pensiun-dari-timnas-ini-kegiatan-baru-bambang-pamungkas).

Keputusan mundurnya Bepe dari Timnas Indonesia agaknya cukup membuat para pendukung skuat Merah-Putih bersedih. Bagaimanapun Bepe adalah salah satu pemain paling berpengaruh di skuat Garuda dalam satu dekade terakhir ini.

Wakil Ketua Umum The Jakmania, Richard Ahmad Supriyanto, menyayangkan mundurnya Bepe 20, sebab tenaga, pemikiran, dan kepemimpinannya masih di perlukan di timnas. "Mungkin Bepe punya alasan sendiri kenapa begitu cepat dia mengundurkan diri dari timnas. Hormatku untukmu kapten," ujar Richard (http://www.tribunnews.com/2013/04/01/the-jak-terima-kasih-bepe).

Para pengguna Twitter juga ramai-ramai mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada topskorer timnas dengan torehan 44 gol tersebut. “Goodbye @bepe20 ! Gol kemenanganmu melawan Bahrain 2007 tak akan kulupakan. Ku ceritakan pada anak cucuku kelak," kata James Christopher dalam akun @Jameschris (http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/13/04/01/mkkkox-mundur-dari-timnas-bepe-dibanjiri-terima-kasih-di-twitter).

News peg:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar