6/29/2013

Pangeran Saudi: Wanita Boleh Menyetir Bisa Kurangi Pekerja Asing



Pangeran Alwaleed bin Talal telah mengisyaratkan dukungannya untuk mengizinkan perempuan di negaranya mengemudi kendaraan/mobil. Miliarder Arab Saudi ini mengatakan, hal tersebut akan membantu kampanye negaranya dalam mengurangi jumlah pekerja asing lebih dari 500 ribu orang.

stiker larangan wanita menyetir (ROL)
Melalui akun Twitter-nya, seperti dilansir situs VOA, Pangeran Alwaleed menyatakan akan ada manfaat sosial dan ekonomi bila perempuan Arab Saudi diizinkan mengemudi lagi. Ribuan pekerja asing telah di-PHK dan kemudian dideportasi, sebagai bagian dari kampanye pemerintah menghadapi orang-orang asing yang menjadi pemukim dan pekerja gelap di kerajaan tersebut.

Pekan lalu, Raja Abdullah memberi waktu tiga bulan bagi para pekerja asing untuk melegalisasi kehadiran mereka di sana. Sekarang ini ada lebih dari delapan juta pekerja asing di Arab Saudi (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/04/15/ml9kok-perempuan-saudi-akhirnya-boleh-mengemudi-sendiri). Seperti diketahui, Arab Saudi telah menerapkan aturan larangan bagi wanita menyetir/mengemudi kendaraan/mobil sejak 2011.

Sesuai hukum negeri tersebut, wanita diwajibkan ditemani oleh muhrim pria bila hendak bekerja atau bepergian ke luar negeri atau bahkan untuk menjalani operasi medis. (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/09/28/ls8ava-nekat-menyetir-sendirian-seorang-wanita-saudi-dijatuhi-hukum-cambuk-10-kali). Pada 17 Juli 2011, dua wanita Oman ditahan karena mengemudikan mobil di Arab Saudi, ketika melakukan perjalanan dengan keluarga mereka di jalan yang menghubungkan Riyadh dengan Taif di Saudi Barat. "Seorang warga memberi informasi pada patroli polisi bahwa kedua wanita itu mengendarai mobil dengan SIM Oman," tulis surat kabar Saudi, Al-Hayat.

Kaum wanita Arab Saudi tak tinggal diam atas aturan yang diskriminatif ini. Akhir Juni 2011, aparat keamanan Arab Saudi menangkap lima wanita Saudi yang menyetir mobil. Tindakan mereka itu terjadi sebagai tanggapan atas seruan di internet pada wanita di Saudi untuk menyetir mobil. Akibat seruan ini 42 wanita turun ke jalan pada 17 Juni itu. "Sejak itu, kaum wanita setiap hari menantang di sejumlah kota berbeda di Saudi," kata seorang aktivis yang enggan disebutkan namanya. "Ibu saya juga telah melakukan hal seperti itu di Riyadh."

Tidak ada undang-undang  (UU) yang secara resmi melarang wanita mengemudikan mobil di Arab Saudi, tapi dekrit keagamaan menetapkan wanita harus diantar oleh seorang supir atau anggota keluarga laki-laki (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/07/18/loid0u-asyik-nyetir-mobil-dua-wanita-oman-ditangkap-polisi-arab-saudi). Dan ketika surat izin mengemudi (SIM) tidak dikeluarkan bagi wanita, maka secara efektif ilegal bagi wanita  untuk menyetir.

Pada Mei 2011, protes pro demokrasi menyapu negeri kerajaan konservatif ini. Satu kampanye bernama Woman2Drive, menyeru di beberapa situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook untuk menggugat larangan tersebut. Beberapa wanita memuat postingan di Twitter bahwa ia berhasil berkendara sendiri di jalanan Jeddah, Riyadh, dan Khobar. Sementara yang lain mengaku dihentikan polisi yang kemudian dilepaskan setelah meneken surat pernyataan tak akan menyetir lagi. Pada 22 Mei 2011, seorang wanita Saudi, Manal Alsharif yang memuat video di YouTube menunjukkan ia tengah menyetir mobil di Jalan Khobar, lalu ditahan. Ia kemudian dilepaskan. Namun kasus itu menjadi pelemah semangat bagi wanita lain (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/09/28/ls8ava-nekat-menyetir-sendirian-seorang-wanita-saudi-dijatuhi-hukum-cambuk-10-kali).

Women2Drive
Jika bersatu, apa yang tak mungkin menjadi mungkin. Begitu slogan organisasi wanita di Arab Saudi. Setelah sukses dengan tuntutan mereka agar toko pakaian mempekerjakan wanita sebagai pramuniaganya, kaum wanita Saudi meluncurkan kampanye teranyar, Women2Drive. Kampanye ini mendesak wanita yang mengendarai mobil merekam dirinya saat menyetir di jalanan, lalu meng-upload videonya ke jejaring sosial.

Seorang wanita yang tinggal di Riyadh, mengunggah video dirinya yang “berhasil” mengemudi menuju supermarket, meskipun gugup. "Kami hanya ingin menjalankan kehidupan kami sendiri. Kami tidak perlu diatur oleh sekitar. Kami bisa pergi bekerja, berbelanja, dan menjalankan tugas tanpa harus bergantung pada sopir," katanya dalam video. Meski Kampanye dianggap gagal oleh aparat berwenang, namun mereka terus melancarkannya. "Hanya ada 40 wanita yang berani berkendara sendiri di Arab Saudi.  Kami berharap lebih," kata Essam Bayan, salah satu wanita pendukung kampanye.

Kolumnis surat kabar Al-Watan dan profesor linguistik di kampus King Abdul Aziz University, Amira Kashgari, juga mengendarai mobilnya di Jeddah. "Saya mengambil anak saya dan membuat sopir saya duduk di kursi belakang dan melaju di sekitar Jeddah untuk mendukung kampanye ini. Ini masalah penyampaian pesan dan menegakkan prinsip. Ini bukan masalah apakah kampanye itu merupakan kegagalan atau tidak," katanya.

Sementara itu, sekelompok pemuda mengatakan kepada Arab News, mereka siap melaporkan ke polisi setiap wanita yang dipergoki mengemudi. "Kami akan mengambil gambar mereka dan memberikan polisi pelat nomor mereka berikut waktu dan tempat di mana mereka melaju," kata Hattan Abu Ras, salah satu nara sumber. "Mereka perempuan yang melawan syariah dan Dewan Tinggi Ulama, dan kami akan melakukan apa saja untuk menjaga mereka dari jalanan," ujar para pemuda itu.

Hillary Clinton Mendukung
Dari luar negeri, dukungan datang antara lain dari Hillary Clinton, yang ketika itu masih menjabat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Clinton memuji kampanye itu, namun menekankan bahwa mereka bertindak atas kemauan sendiri, atas nama hak-hak mereka, bukan atas perintah orang luar seperti dirinya. Komentar Clinton datang setelah aktivis meminta dia untuk menggunakan posisinya sebagai diplomat top AS dan berdiri sebagai advokat terkenal untuk kesetaraan perempuan untuk berbicara dalam mendukung tujuan mereka (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/06/23/ln7yts-women2drive-bentuk-pemberontakan-baru-wanita-arab).

Amnesti International  (AI) turut angkat bicara. Organisasi non pemerintah untuk perjuangan hak asasi manusia (HAM) ini terutama mengecam ketika seorang wanita Saudi divonis hukum cambuk 10 kali karena menantang larangan tersebut dengan menyetir sendiri.  Ironisnya, vonis tersebut dilaporkan dua hari setelah Raja Abdullah (akhirnya) memberi wanita hak untuk memilih dan terjun dalam pemilihan umum (pemilu) wilayah kota. Raja juga menjanjikan akan menyertakan wanita dalam pemilihan anggota Dewan Syura 2013 yang bertugas sebagai lembaga penasihat negara.

"Membolehkan wanita memberikan suara dalam pemilihan anggota dewan tentu sangat baik, namun jika mereka masih harus menghadapi hukuman karena mencoba memperjuangkan hak mereka dan kebebasan untuk bergerak dan berpindah,maka reformasi Saudi yang 'terlalu dielu-elukan' sesungguhnya sangat kecil maknanya,” demikian AI. (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/09/28/ls8ava-nekat-menyetir-sendirian-seorang-wanita-saudi-dijatuhi-hukum-cambuk-10-kali).

Efek Arab Spring
Ihwal perubahan hukum syariah pemerintah Arab Saudi yang akhirnya membolehkan wanita ikut berpartisipasi dalam pemilu, disampaikan seorang pejabat Saudi, pada 28 Desember 2011. Pernyataan itu menyebutkan, perempuan Arab Saudi berhak ikut pemilu tanpa perlu meminta persetujuan dari wali laki-laki—meskipun UU adanya wali laki-laki secara umum tidak berubah. Hak itu akan mulai berlaku pada pemilu 2015.

“Pada saat itu, perempuan juga akan diperkenankan pergi ke kantor untuk pertama kalinya,” kata seorang pejabat Arab Saudi. Perubahan itu merupakan langkah penting bagi penghapusan berbagai pembatasan yang diterapkan Kerajaan Saudi terhadap perempuan selama ini. Perubahan ini disinyalir merupakan bagian dari reformasi yang dipengaruhi peristiwa Arab Spring di Timur Tengah.

Anggota Dewan Syura, Fahad al-Anzi, mengatakan, pemberian hak pemilu bagi wanita ini berasal dari penjaga situs tersuci Islam, Raja Abdullah. Raja Abdullah terus mendorong sejumlah perubahan bagi hak-hak perempuan, namun dia melakukannya secara hati-hati. Pasalnya, dia tidak mau terlalu berlawanan dengan ulama ultrakonservatif Saudi yang tidak setuju dengan perubahan sosial, sementara  ulama-ulama ini merupakan pendukung religiusnya selaku pemimpin Arab Saudi.

 Seorang wanita profesor di bidang sejarah di Riyadh, Hatoun al-Fasi, mengatakan, pengumuman ini masih debatable. “Namun ini dapat menjadi pintu pembuka untuk diskusi selanjutnya. Dan kami sudah siap untuk memberikan hak tersebut kepada perempuan,” katanya (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/12/29/lwytjx-akhirnya-perempuan-saudi-boleh-ikut-pemilu).**

Tulisan terkait:

3 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr wb.

    Salam ukhuwah islamiah buat semua saudaraku baik yang menjadi TKI/ TKW maupun yang ada di dalam negri.
    BISMILLAHIRROHMANIRRAHIM
    Mohon maaf jika kehadiran saya di blog ini
    mengganggu kenyamanan pengguna blog,,
    Kehadiran saya di sini hanya ingin menyampaikan kepada saudara teman" yang sedang dalam kesulitan atau
    Terlilit hutang
    ekonomi menurun -atau asmara - membutuhkan bantuan dana besar,
    Jangan sungkan menghubungi MBAH KASSENG CALL/SMS : 0853-4288-2547
    Anda Akan Berhasil Sukses Jika Anda Mau Mengambil Keputusan Untuk Mengikuti Ritual Gaib MBAH KASSENG ...
    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.NOMOR TOGEL
    2.PESUGIHAN
    3.UANG GAIB

    …=>MBAH KASSENG<=…
    CALL/SMS : +62853-4288-2547

    BalasHapus
  3. Anonim7/04/2020


    ===Agens128 bagi uang Tunai===

    Pakai Pulsa Tanpa Potongan
    Juga Pakai(OVO, Dana, LinkAja, GoPay)
    Support Semua Bank Lokal & Daerah Indonesia
    Game Populer:
    =>>Sabung Ayam S1288, SV388
    =>>Sportsbook,
    =>>Casino Online,
    =>>Togel Online,
    =>>Bola Tangkas
    =>>Slots Games, Tembak Ikan
    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
    || Online Membantu 24 Jam
    || 100% Bebas dari BOT
    || Kemudahan Melakukan Transaksi di Bank Besar Suluruh INDONESIA

    WhastApp : 0852-2255-5128
    Agens128Agens128

    BalasHapus