6/24/2013

Pelarian Snowden ke Ekuador Dikawal Melalui Jalur Aman

Menteri Luar Negeri Ekuador, Ricardo Patino, Minggu (23/6), mengatakan, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional  (National Security Agency/NSA) Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, telah meminta suaka kepada Ekuador. "Pemerintah Ekuador telah menerima permintaan suaka Edward J. Snowden," kata Patino. Pernyataan Patino ini ditulisnya di akun Twitter-nya saat sedang berada di Vietnam, dalam satu kunjungan resminya ke negara itu.

Unjuk rasa dukung Snowden (ROL)
Kementerian Luar Negeri Ekuador di Quito, mengatakan, Patino akan mengadakan konferensi pers di Vietnam pukul 00.00 GMT (pukul 07.00 WIB). Juru bicara Wikileaks, Kristinn Hrafnsson, juga menegaskan bahwa Snowden telah meminta suaka di Ekuador. Situs anti-kerahasiaan itu sebelumnya telah menawarkan pada Snowden untuk menemukan "suaka politik di negara demokrasi". 

Kebijakan Ekuador kata Patino, akan menjadikan negara ini sebagai negara paling aman bagi para pembobol dokumen rahasia negara-negara adidaya. Ekuador kini dipimpin oleh Presiden Rafael Correa, seorang tokoh kiri populis lantang dan pengecam AS, yang mengikuti jejak almarhum mentornya, Hugo Chavez, Presiden Venezuela yang meninggal dunia belum lama ini.

Ekuador adalah negara yang juga telah memberikan suaka politik kepada pendiri WikiLeaks, Julian Assange. Assange telah menghabiskan lebih dari satu tahun bersembunyi di kedutaan Ekuador di London. Correa mengatakan, benar Assange takut atas kemungkinan ia akan dikirim dari Swedia —di mana ia dituduh melakukan kekerasan seksual— ke AS, untuk menghadapi tuduhan penerbitan kabel-kabel rahasia AS pada tahun 2010 (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/24/movto4-ekuador-beri-suaka-politik-kepada-snowden/http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/24/mov081-snowden-minta-suaka-di-ekuadorhttp://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/24/mow1fd-ekuador-bakal-lindungi-snowden-dari-kejaran-as)

Suaka politik merupakan gagasan yuridiksi di mana seseorang yang terancam di negerinya sendiri dapat dilindungi oleh pemerintah berdaulat lain atau negara asing. Suaka politik merupakan salah satu hak asasi manusia yang dilindungi aturan hukum internasional. Seluruh negara yang menerima/meratifikasiKonvensi Terkait Statsu Pengungsi PBB, wajib mengizinkan orang yang benar-benar berkualifikasi datang ke negerinya. Orang-orang yang memenuhi syarat-syarat suaka politik adalah mereka yang diperlakukan buruk di negerinya sendiri karena masalah: ras, kebangsaan, agama, opini politik, dan keanggotaan kelompok atau aktivitas sosial tertentu (http://id.wikipedia.org/wiki/Suaka_politik).

Edward Snowden pada 12 Juni lalu menggemparkan dunia dengan membocorkan dokumen rahasia negaranya sendiri, Amerika Serikat (AS), ihwal program pengintaian AS terhadap warga di seluruh dunia, yang diberi nama PRISM. Snowden membocorkan dokumen PRISM berjumlah 41 slide tersebut melalui dua media terkemuka: The Guardian dan The Washington Post. Kepada dua media ini, Snowden mengungkapkan bagaimana AS memiliki program spionase canggih yang mampu mengakses e-mail hingga merekam telepon. Langkah intelijen AS itu, kata Snowden, telah melanggar hak privasi, khususnya warga AS.

Berdasarkan slide tersebut, PRISM diduga memiliki akses “pintu belakang” ke sembilan perusahaan besar server provider AS, yakni Microsoft, Yahoo, Google, Facebook, PalTalk, AOL, Skype, YouTube, dan Apple. Dengan akses tersebut, PRISM bisa mencegat lalu lintas data global yang melewati server itu untuk keperluan intelijen (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/12/mo8w03-terbongkarnya-aksi-amerika-serikat-merekam-dunia). Selain PRISM, dokumen lainnya yang dibocorkan Snowden adalah Program Pengintaian Intelejen Asing untuk mengumpulkan metadata yang memungkinkan NSA merekan percakapan telepon (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/23/mouagz-as-minta-hong-kong-pulangkan-snowden).

AS berketetapan mempertahankan program pengintaian ini, dengan alasan untuk mencegah aksi terorisme. Badan intelijen AS di depan Kongres (DPR AS) pernah menyatakan pembenarannya bahwa dengan aksi spionase tersebut, mereka berhasil mencegah aksi penyerangan Bursa Efek New York. AS kemudian mendakwa Snowden atas tuduhan mencuri dokumen rahasia negara, melakukan komunikasi ilegal seputar informasi keamanan nasional, dan memberikan data intelijen kepada orang yang tak tepat. Dua tuntutan tersebut diatur dalam UU Spionase AS (http://www.republika.co.id/berita/koran/news-update/13/06/23/mouunv-snowden-tinggalkan-hong-kong).

Snowden Sudah Sampai di Rusia
Snowden sendiri pada Minggu (23/6) telah tiba di Moskow, ibukota Rusia, dari Hong Kong. Hong Kong adalah tempat Snowden pertama kali melarikan diri dengan membawa rahasia yang diambil dari NSA. Pihak Wikileaks mengatakan, beberapa penasihat hukumnya dan sejumlah diplomat yang tidak disebut namanya, telah menyertai Snowden ketika ia terbang ke Moskow dari Hong Kong. Para pendamping ini kata Wikileaks, akan terus mengawal Snowden hingga tiba di Ekuador.

Koresponden VOA di Moskow, James Brooke, mengatakan, pemerintah Rusia agaknya senang bisa memainkan peran dalam membantu Snowden keluar dari jangkauan sistem hukum AS. Dikatakan Brooke, pejabat Rusia sangat senang dengan publisitas buruk bagi AS ini: yakni, pemerintah AS berusaha menangkap Snowden, tapi dia berhasil keluar dari Hong Kong pada waktunya. Rusia kata Brooke, sepertinya senang ikut dalam “permainan kucing-kucingan” dengan  AS ini. Sementara itu
Gedung Putih mengatakan, Presiden AS, Barrack Obama, telah diberi tahu oleh tim keamanan nasionalnya tentang keberadaan Snowden (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/24/movi3b-edward-snowden-minta-suaka-ke-ekuador).

Sebelumnya, tak lama setelah Washington mengajukan surat permintaan ekstradisi Snowden ke otoritas Hong Kong, mantan karyawan Badan Intelijen AS (CIA) itu dikabarkan telah meninggalkan kota ini dan sedang menuju Rusia. South China Morning Post, mengutip sumber yang dipercaya, melaporkan, Snowden diperkirakan tiba di Moskow, Ahad (23/6) petang. Namun, Rusia bukanlah tujuan akhir dari perjalanannya. Dia akan melanjutkan ke negara lain.

Islandia, Kuba, dan Ekuador, kemungkinan akan menjadi pilihan bagi Snowden untuk memperoleh suaka. Kantor berita Interfax, mengutip sumber di maskapai Rusia, Aeroflot, mengatakan, ada tiket menggunakan nama Snowden dengan tujuan Kuba dari Moskow. Snowden tiba di Bandara Chep Lap Kok, Hong Kong, Ahad (23/6), sekitar pulul 11.04. Pria berusia 30 tahun ini terdaftar dalam penerbangan Maskapai Aeroflot SU213 yang dijadwalkan akan mendarat pada pukul 17.15 sore waktu setempat. Pemerintah Hong Kong mengatakan telah memberitahukan tentang kepergian Snowden kepada AS.

Menurut otoritas di wilayah semi otonomi Cina ini, tidak ada aturan hukum yang cukup kuat untuk menahan Snowden meninggalkan Hong Kong. “Pemerintah tak memiliki alasan atau informasi memadai untuk memroses perintah penahanan sementara (dari AS),” ujarnya. Sekretaris Kehakiman Hong Kong, Rimsky Yuen, mengatakan, pihaknya hanya bekerja di bawah aturan hukum Hong Kong, sehingga tidak akan mengizinkan penghakiman secara ilegal dan tak adil. Hong Kong memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS, tetapi tidak berlaku untuk persoalan politik (http://www.republika.co.id/berita/koran/news-update/13/06/23/mouunv-snowden-tinggalkan-hong-kong).

Meski kemudian Snowden memilih Ekuador seperti keterangan pihak Kementerian Luar Negeri Ekuador, namun juru bicara Putin, Dmitry Peskov, seperti dikutip harian Kommersant, mengatakan, Rusia akan mempertimbangkan juga memberi suaka jika Snowden meminta. Sebelumnya, kepada harian The Guardian Snowden mengatakan berharap bisa mendapat suaka di Islandia. Namun Kepala Direktorat Imigrasi Islandia mengaku belum mendapatkan permintaan suaka (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/11/mo8exj-rusia-akan-beri-suaka-pembocor-informasi-soal-pemantauan-internet).

AS dan Rusia Memanas
AS pun berupaya mencegah Snowden pergi ke Ekuador, antara lain dengan memperingatkan negara-negara Barat agar menolak perjalanan internasional Snowden. Namun Washington terancam gigit jari, karena dikabarkan pada Ahad (23/6) waktu setempat, pesawat yang membawa Snowden telah mendarat di Moskow. Dikatakan pihak Wikileaks, Snowden melakukan perjalanan ke Ekuador melalui rute aman.

Hubungan AS dengan Rusia memanas. Senator AS, Charles Schumer, menuduh Putin mungkin tahu dan menyetujui penerbangan Snowden ke Rusia. Dia memperingatkan adanya konsekuensi serius bagi hubungan AS-Rusia. Kedua negara sebelumnya berada dalam ketegangan karena perang Suriah. "Putin selalu bersemangat untuk menusuk mata AS, apakah itu (dalam kasus) Suriah, Iran, dan sekarang tentu dengan Snowden, " ujarnya, seperti  dikutip Reuters, Senin (24/6). Dia juga melihat keterlibatan pemerintah Cina yang membiarkan Snowden meninggalkan wilayah Cina meski ada permintaan ekstradisi dari AS (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/24/movu9z-as-berupaya-cegah-snowden-dapat-suaka).

Selain Rusia dan Ekuador, negara lainnya yang siap “menampung” Snowden adalah Islandia. Bos WikiLeaks, Julian Assange, telah berdiskusi dengan pejabat pemerintah Islandia untuk kemungkinan pemberian suaka kepada Snowden. "Kami berhubungan dengan tim resmi Snowden dan dalam proses menjembatani suaka di Islandia," ujar Assange, dikutip New York Times (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/20/mooqkp-wikileaks-bantu-snowden-dapat-suaka-di-islandia).

Bahkan dikabarkan bahwa Kepala DataCell, Olafur Sigurvinsson, yang diketahui sebagai sponsor Wikileaks, telah menyiapkan pesawat jet pribadi bagi Snowden untuk terbang ke Islandia. "Sebuah pesawat jet sudah disiapkan dan semua logistik juga sudah tersedia," ujar Sigurvinsson kepada stasiun televisi Channel2. Namun beberapa ahli di Islandia mengatakan, memperoleh suaka di Islandia tidak semudah yang dibayangkan. "Saya malah akan sangat terkejut apabila pemerintah berniat membuat konflik internasional dengan AS,” ujar , Stefania Oskarsdottir, dosen ilmu politik Universitas Islandia kepada Reuters (http://dunia.news.viva.co.id/news/read/423056-pesawat-jet-siap-jemput-snowden-ke-islandia).**

Artikel terkait:

2 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
  2. Anonim7/04/2020


    ===Agens128 bagi uang Tunai===

    Pakai Pulsa Tanpa Potongan
    Juga Pakai(OVO, Dana, LinkAja, GoPay)
    Support Semua Bank Lokal & Daerah Indonesia
    Game Populer:
    =>>Sabung Ayam S1288, SV388
    =>>Sportsbook,
    =>>Casino Online,
    =>>Togel Online,
    =>>Bola Tangkas
    =>>Slots Games, Tembak Ikan
    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
    || Online Membantu 24 Jam
    || 100% Bebas dari BOT
    || Kemudahan Melakukan Transaksi di Bank Besar Suluruh INDONESIA

    WhastApp : 0852-2255-5128
    Agens128Agens128

    BalasHapus