6/28/2013

Negeri "Sejuta" Larangan bagi Kaum Hawa



“Jangan jadikan dunia Arab sebagai titik pusat. Betul Islam lahir di sana, tapi bukan berarti apa yang dari sana pasti lebih baik. Islam Indonesia dengan segala kekhasannya jauh lebih menarik untuk zaman ini.” Kutipan ini diambil dari tulisan Nasihin Masha di rubrik Resonansi ROL. Nasihin memang menulis dalam konteks konflik di Suriah. Akan tetapi, kalimat yang dikutip dari tulisannya itu agaknya bisa mewakili pandangan umum tentang “Islam dan Arab” yang tidak bisa disimilarkan; termasuk dalam hal larangan-larangan “aneh” negeri tempat lahirnya  agama Islam tersebut, terhadap kaum wanitanya.

ROL
Belakangan ini, seiring dengan semakin mudahnya informasi diakses melalui unternet, kian banyak hal  “aneh” dikabarkan dari negeri emas hitam ini. Belum lama ini, meskipun menimbulkan kontroversi atas kebenaran kabar tersebut, seorang pria yang katanya berwajah terlalu tampan dilarang masuk ke tanah Arab, dengan alasan takut memancing histeria kaum wanitanya. Larangan tersebut memang ditujukan pada seorang pria, namun tetap saja berhubungan dengan wanita.

Sementara itu larangan-larangan yang ditujukan langsung pada kaum wanitanya, tak pernah surut. Selalu ada yang baru. Tujuannya katanya untuk melindungi kaum wanita dari pelecehan. Pertanyaannya, sedemikian parahnyakah kecenderungan pelecehan terhadap wanita oleh pria di sana. Atau, ada apa dengan pria dan wanita Arab? Atau mungkin ini juga setidaknya sedikit banyak membuktikan sisa-sisa sejarah mengapa Islam diturunkan di Arab Saudi? (lihat: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1647/1/arab-nasrah.pdf). Sebagian bisa juga berpendapat bahwa ada upaya pendiskreditan terhadap “Islam dan Arab” dalam pemberitaan-pemberitaan ini. Karena setidaknya beberapa kabar mengenai fatwa “aneh”, berujung kontroversi karena kemudian muncul penyangkalan.

Satu kabar teranyar dari sana menyebutkan, wanita Arab Saudi dilarang bekerja sebagai pelayan dan kasir di restoran yang berhubungan langsung dengan pengunjung, kecuali di bagian dapur. Menurut media lokal, asisten wakil pengembangan di Kementrian Tenaga Kerja, Fahad Al-Tuhkaifi, mengatakan, keputusan menteri ini dikeluarkan tahun lalu.

ArabNews mengutip seorang anggota Kamar dagang dan industri Jeddah, Aisha Natto, yang mengatakan, institusinya menghormati keputusan tersebut. Sementara itu, seorang pengusaha Saudi, Dalal Kaaki mengatakan, dia mendukung keputusan tak mengizinkan perempuan bekerja sebagai pelayan, namun tidak untuk kasir. Meskipun dia mengakui dengan mengatakan,"Pelecehan terjadi di seluruh dunia. Pejabat khawatir perempuan akan terkena pelecehan, sehingga mereka melarang mereka dari bekerja," ujarnya (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/06/28/mp3exa-wanita-saudi-dilarang-jadi-kasir-dan-pelayan-restoran). Larangan ini mungkin masih bisa diterima. Namun bagaimana dengan larangan wanita tamasya di taman dan menyetir mobil?

Stasiun televisi Al Alaam pada 27 Agustus 2012 melaporkan bahwa Badan Amar Makruf Nahi Munkar Saudi mengancam akan menutup taman-taman dan tempat rekreasi jika larangan terebut tidak dipatuhi. Badan ini telah mengeluarkan larangan bagi perempuan Arab Saudi di atas usia 12 tahun, berekreasi di taman-taman. Koran Al Quds Palestina, menulis, badan ini mengeluarkan peringatan kepada pengelola taman-taman dan tempat bermain untuk melaksanakan instruksi tersebut.

''Jika tidak mematuhi, badan itu akan menutup tempat-tempat tersebut atau membayar denda berat,'' tulis Al Quds Palestina. Menurut pengakuan warga Saudi, seperti ditulis situs irib.ir, pelarangan itu telah diberlakukan selama beberapa bulan terakhir, dan menuai protes keras dari warga Saudi (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/08/27/m9fats-wanita-saudi-dilarang-tamasya-di-taman).

Larangan berikutnya adalah, wanita Arab Saudi dilarang menyetir mobil. Alasannya, "Bila mereka dizinkan berkendara, hasilnya bencana besar dan mengarah pada 'ketiadaan perawan' demikian ujar dewan keagamaan tertinggi negara, Majelis al-Ifta al-Aala. Selain itu sebut majelis ini, dengan membolehkan wanita berkenda akan “memprovokasi peningkatan praktik prostitusi, pornografi, homoseksual hingga peceraian". Merespon larangan ini, sejumlah wanita melakukan aksi protes. Protes itu menuai konsekuensi cukup berat. Beberapa wanita pemrotes terancam dihukum cambuk, dipenjara, dan dikucilkan secara resmi. Begitu pula bagi mereka yang kepergok menyetir.

Satu riset di negara tersebut mengklaim, dalam 10 tahun saja jika larangan ini dicabut, tidak akan ada lagi “perawan' di negara kerajaan tersebut. Laporan riset itu keluar setelah laporan sebelumnya yang menyebut bahwa wanita diseru kuat untuk menutup seluruh wajah demi menghindari terlihatnya “mata menggoda” mereka terhadap kaum adam di negara itu. Menurut juru bicara Komite Promosi Moral Baik dan Pencegahan Tindak Imoral (CPVPV) di kerajaan teluk itu, wanita bisa jadi segera diwajibkan untuk menggunakan penutup seluruh wajah.

Jurubicara dari distrik Ha'el, Sheikh Motlab al Nabet, mengatakan, CPVPV memiliki hak menghentikan seorang wanita yang matanya “terlihat menggoda” dan memerintahkannya segera menutupinya. Wanita Saudi kini telah diwajibkan mengenakan jubah hitam dan menutup rambut dan wajah mereka. Pelanggaran dalam aturan itu bisa mengakibatkan denda atau sanksi lebih berat yakni hukum cambuk di tempat umum (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/12/07/lvtwm4-ini-alasan-wanita-saudi-dilarang-menyetir-sendiri-bakal-tak-ada-lagi-perawan).

Larangan ini lebih “aneh” lagi, meskipun kemudian ada bantahan. Seorang ulama Arab Saudi, Allamah Abu al-Barra, merilis sebuah fatwa yang mengharamkan seorang perempuan menyalakan pendingin udara (AC) ketika suaminya tidak ada di rumah. Seperti dilaporkan Al Alam, Allamah Abu al-Barra menulis fatwa haram tersebut di akun Twitter-nya. "Menyalakan pendingin oleh seorang perempuan tanpa kehadiran suaminya haram hukumnya,'' tulis Abu Al Barra seperti dikutip Al Alam.

Dia menyebutkan, tindakan perempuan yang menyalakan AC ketika suaminya tidak ada, sangat berbahaya;  dapat menyebarkan kemunkaran di tengah masyarakat. "Ketika seorang istri yang sendirian menyalakan AC di rumah, tetangga bisa saja menganggap si perempuan sedang berada di rumah. Hal ini  bisa menimbulkan tindakan perzinaan serta kemungkaran lainnya."  (http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/13/06/26/mmtlie-ulama-saudi-istri-haram-nyalakan-ac-saat-suami-tidak-di-rumah).

Namun seorang yang pernah mengajar di Jeddah Da'wah Center, Fariq Gasim Anuz, dalam suratnya kepada Republika Online (ROL), mengatakan, dia tak mengenal ada ulama di Arab Saudi bernama Allamah Abu Al Barra. Selain itu dia mengritik bahwa berita ini bisa menimbulkan salah paham serta kebencian kepada saudara sesama Muslim (http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/13/06/26/mozyni-tak-ada-yang-mengenal-ulama-bernama-abul-bara).

Pada 18 November tahun lalu, situs berita Bikya Masr melaporkan, perempuan di Arab Saudi dilarang menghiasi matanya dengan apapun. Jika ketahuan, akan diproses secara hukum. Langkah tersebut dinilai sebagai upaya represif baru terhadap perempuan di Arab Saudi yang merupakan negara Islam. Juru bicara CPVPV, Syekh al Motlab Nabet, mengatakan, pihaknya memiliki hak menghentikan perempuan menghiasi matanya kala berada di depan umum.

CPVPV beberapa kali dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Komite tersebut didirikan pada 1940 lalu. Fungsinya adalah memastikan hukum Islam tidak rusak dalam kehidupan sehari-hari di Arab Saudi. Pada 2002, sebuah laporan mengatakan, komite ini menolak memungkinkan siswa perempuan keluar dari sebuah sekolah yang terbakar di Makkah karena mereka tak mengenakan jilbab. Keputusan tersebut dikabarkan menyebabkan banyaknya jumlah yang tewas dalam kebakaran itu,  yakni 15 orang (http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/11/11/18/luumse-perempuan-arab-saudi-dilarang-menghiasi-matanya).

Larangan berikut ini mungkin lebih “masuk akal” jika dikaitkan dengan sejarah penindasan kaum wanita, khususnya di jazirah Arab, yakni wanita Arab dilaporkan tak lagi diizinkan memberikan suara pada pemilihan umum anggota dewan Arab Saudi pada 2005. Pada 2009, sistem pemilihan sempat mengalami perubahan, perempuan kembali diberi hak pilih dan dapat dipilih. Namun dengan alasan kesulitan dan butuh waktu terlalu lama untuk mengatur logistik bagi perempuan, sistem baru pun tak jadi diberlakukan.

Para pejabat terkait menolak mengonfirmasi atau membantah laporan tersebut. "Kami tidak berbicara tentang jajak pendapat sampai peraturan baru untuk mengorganisasi pemilu dikeluarkan," kata seorang anggota dewan yang tak ingin disebutkan namanya. Menurut dia, peraturan baru nanti akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti jumlah anggota di setiap dewan, partisipasi perempuan, dll (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/03/24/likbep-kini-perempuan-saudi-tak-punya-hak-pilih).**

Tulisan terkait:
Negeri "Sejuta" Larangan bagi Kaum Hawa

2 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
  2. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    BalasHapus