6/05/2013

Agar Terbangun pada Waktu yang Mulia Ini


“Penelitian menemukan, remaja dengan ‘tipe pagi’ lebih bahagia dibanding rekan mereka yang merupakan ‘tipe malam’”

Allah Swt akan mengubah apa yang terjadi di muka bumi ini dari kegelapan menjadi keadilan, dari kerusakan menuju kebaikan. Semua itu terjadi pada waktu yang mulia, ialah waktu Subuh. Jadi, jangan sampai kita tertidur pada saat yang mulia ini. Allah Swt bahkan memberi jaminan kepada orang yang menjaga salat Subuh, yaitu akan terbebas dari siksa neraka jahanam.

ROL
Diriwayatkan dari Ammarah bin Ruwainah ra, ia berkata: "Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: Tidak akan masuk neraka orang yang salat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam matahari'." (HR Muslim). Salat Subuh merupakan hadiah dari Allah Swt. Hadiah ini tidak diberikan kecuali kepada orang-orang yang taat lagi bertobat. Hati yang diisi dengan cinta kemaksiatan, bagaimana mungkin akan bangun untuk salat Subuh.

Sekiranya mereka mengetahui kebaikan yang ada di dalamnya, niscaya mereka akan pergi ke masjid, bagaimanapun kondisinya, seperti sabda Rasulullah saw, “Maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak." (ditulis: Harinya Aburijal). (http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/06/05/mnwkx2-dahsyatnya-shalat-subuh). Namun, Islam memang tidak mempersulit.  Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW, "Diangkat qalam (pena) bagi umatku (tidak ditulis sebagai dosa) bagi mereka yang terlupa, tertidur, dan yang belum baligh berakal."

Rasulullah bersama para sahabatnya suatu kali pernah dalam kondisi demikian. Ketika rombongan kaum Muslimin kembali dari perang dan beristirahat di sebuah lembah, mereka semua termasuk Rasulullah tertidur karena kelelahan hingga matahari telah terbit. Abu Bakar yang pertama bangun berteriak histeris karena terlambat menunaikan salat Subuh. Para sahabat yang lain termasuk Rasulullah terbangun mendengar teriakan Abu Bakar . Akhirnya, walaupun matahari sudah terbit, mereka tetap menunaikan salat Subuh dengan diimami Rasulullah.

Rasulullah Saw pernah bersabda, "Siapa yang tertidur hingga melewatkan satu waktu salat atau terlupa waktu salat, ia harus mengerjakan salat yang terlewatkan itu seketika ia ingat dan tidak ada sanksinya (yang lain) kecuali itu." Setelah beliau bersabda demikian, beliau lantas membacakan ayat, "Kerjakanlah salat untuk mengingat-Ku." (QS. Thaha: 14). Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim (http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/fatwa/12/05/09/m3rfst-tertidur-hingga-melewatkan-shalat-subuh).

Dalam buku “Misteri Salat Subuh”, DR. Raghib As-Sirjani, seorang ahli  pengkaji “nash nash syar’i” mengungkapkan, banyak permasalahan manusia yang bila dirunut bersumber dari menyepelekan salat Subuh. Itulah sebabnya, para sahabat Nabi berusaha sekuat tenaga agar tidak kehilangan waktu emas ini. Dalam sejarah Islam,  Subuh merupakan peralihan dari era jahiliyah menuju era tauhid. Kaum ‘Ad, Tsamud dan kaum pendurhaka lainnya, dilibas petaka pada waktu Subuh yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid (http://pernikmuslim.com/tazkiyatun-nufus/12-misteri-shalat-subuh-menyingkap-1001-hikmah-shalat-subuh-bagi-pribadi-dan-masyarakat.html).

Dalam surah Al-Fajr, Allah swt berfirman: "Demi fajar/subuh." Ini menunjukkan betapa urgennya waktu subuh, yaitu saat udara masih segar, sejuk, dan pikiran masih jernih. Alam yang tadinya mengantuk, perlahan-lahan bangun dan kembali membentangkan karunianya. Di sinilah pentingnya arti bangun pagi; ia bukan hanya memberikan manfaat dari sisi kesehatan, melainkan juga bisa bermakna finansial dan spiritual.

Konon, Indonesia termasuk lima negara yang paling besar tingkat polusinya di dunia. Bagi warga kota besar yang udaranya sarat asap kendaraan bermotor di siang hari, bangun pagi bisa menjadi alternatif untuk sedikit dapat menghirup udara segar. Bangun pagi juga mempunyai nilai ekonomis. Orang yang bangun lebih awal akan punya waktu lebih banyak menangani berbagai urusan dan bisnisnya. Lebih-lebih ketika budaya kompetitif sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Bagi mereka yang masih tergeletak di peraduannya, mana mungkin bisa turut berkompetisi.

Maka, benarlah jika Nabi mengatakan bahwa tidur di pagi hari mewariskan kemiskinan. "Hilangnya berbagai macam peluang mengakibatkan terjadinya kehancuran, karena memang itulah dunia," tulis Maulana Wahiduddin Khan, pemikir dari India. Sedangkan Umar bin Abdul Aziz berujar, "Malam dan siang bekerja untukmu, maka bekerjalah kamu pada keduanya."

Guna mempertajam kepekaan spiritual kita, Rasul juga mewariskan wirid-wirid khusus yang dibaca setiap subuh, misalnya: "Kami telah memasuki subuh dan kerajaan kepunyaan Allah pun telah memasukinya. Ya Allah, aku memohon kebaikan hari ini, keterbukaan (pintu rahmat), pertolongan, keberkahan, dan hidayah hari ini. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan hari ini, keburukan hari sebelum dan sesudah hari ini." Sedemikian besarnya makna bangun pagi, hingga salah satu kebiasaan Rasul adalah tidur lebih awal (http://www.republika.co.id/berita/ensiklopedia-islam/hikmah/10/10/12/139620-jangan-sia-siakan-waktu-subuh-mu).

Lebih Bahagia
Para peneliti Barat pun member credit point terhadap “bangun pagi”. Mereka menyarankan orang dewasa untuk lebih sering bangun pagi. Sebab, emosi positif akan lebih mereka dapatkan saat bangun pagi. Penelitian ini menemukan bahwa orang yang biasa bangun pagi, lebih bahagia. Sebab kata penelitian itu, mereka akan lebih dapat menyesuaikan diri dengan “jadwal” kehidupan sosial, dan apa yang mereka butuhkan dalam hidup dapat lebih terpenuhi. 

Para ilmuwan dari Universitas Toronto menerbitkan sebuah jurnal mengenai kaitan emosi, usia, dan waktu bangun pagi. Laporan yang dilansir Female First itu menunjukan, banyak orang menghabiskan waktu di malam hari saat mereka muda. Akibatnya, ketika tua mereka lebih sulit bangun pagi. Menurut pemimpin studi, Renee Biss, temuan menunjukan orang tua yang bangun pagi akan lebih memiliki energi dan perasaan positif.

Bahkan penelitian menemukan, remaja dengan “tipe pagi” lebih bahagia daripada rekan mereka yang merupakan “tipe malam”. Menurut para peneliti ini, orang dengan “tipe malam” juga akan lebih rentan terhadap “jet lag” sosial, sebab jam biologis mereka tidak sinkron dengan jam social (http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/06/15/m5ne32-orang-yang-bangun-pagi-akan-lebih-bahagia).

Mengaktifkan Jam Biologis
Salah satu masalah besar umat manusia untuk bisa bangun subuh/pagi, adalah tidur yang selalu kepagian, dan bangun selalu kesiangan. Manusia sebenarnya memiliki jam biologis yang bisa diaktifkan. Jika sudah terbiasa bangun pada jam tertentu, maka alarm alami tubuh akan membangunkan manusia pada jam yang sama setiap harinya.

Para ilmuwan dari Flinders University mengungkapkan, siklus jam biologis manusia normalnya akan mengikuti waktu nyata yakni 24 jam sehari. Namun pada orang-orang yang tidak pernah bisa bangun pagi, siklus jam biologisnya sudah tidak sinkron; sehari bisa “lebih” dari 24 jam.  Ketidaksinkronan inilah yang menyebabkan orang susah tidur di malam hari, lalu kesulitan bangun pagi esok harinya. Meski keadaan ini lazim ditemukan pada remaja, namun menurut penelitian yang dipimpin Prof Leon Lack ini seperti dikutip dari Dailymail, jika tidak segera ditangani bisa berlanjut hingga dewasa dan dalam jangka panjang bisa memicu masalah kesehatan.

Dalam penelitian ini, Lack menyebut tentang pelepasan hormon tertentu yang membuat manusia seolah memiliki alarm alami di tubuhnya untuk mengingatkan agar terbangun. Misalnya saja Lack menyarankan mereka yang ingin bangun lebih pagi agar melakukan bright light therapy, yakni membiarkan cahaya matahari masuk ke kamar tidur untuk memicu pelepasan hormon tertentu agar tubuh segera terjaga. "Paparan cahaya terang sepagi mungkin akan memberikan informasi pada jam biologis manusia bahwa tiba sudah waktunya bangun pagi," kata Lack (http://health.detik.com/read/2013/03/08/072953/2189150/763/susah-bangun-pagi-tandanya-jam-biologis-sudah-tak-sinkron).**

1 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus