6/03/2013

Joe Taslim “Kalahkan” Will Smith



"Sementara itu, bintang film The Raid lainnya, Iko Uwais, akan bergabung sebagai pemain di film drama aksi Man of Tai Chi, arahan Keanu Reeves"
 
Film sekuel "Fast & Furious 6" yang dibintangi aktor Indonesia, Joe Taslim, menduduki tangga teratas box office Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Film yang juga dibintangi aktor laga Hollywood, Vin Diesel dan Dwayne Johnson ini, sekaligus menyisihkan film fiksi ilmiah "After Earth" yang dibintangi Will Smith dan anaknya.

Joe dalam "Fast Six" (ROL)
Seperti diberitakan Reuters, "Fast & Furious" meraup 34,5 juta dolar AS (Rp 334 miliar) dari Jumat sampai Ahad (2/6). Di nomor dua bertengger komedi berjudul "Now You See Me" yang sukses mengeduk 28,1 juta dolar AS (Rp 272 miliar). Film yang dibintangi Jesse Eisenberg ini berkisah tentang para pesulap jalanan yang berada di panggung bear ketika mereka merampok bank dan menyalurkan uang hasil rampokannya ke penonton.

"After Earth" yang dibintangi Smith dan anaknya Jaden Smith, menghasilkan 27 juta dolar AS (Rp 261 miliar) untuk menempati posisi ketiga.  Film ini bercerita tengah 1.000 tahun setelah kiamat memaksa manusia keluar dari Bumi di mana seorang anak dan ayahnya terperangkap akibat pendaratan tak mulus. Mereka berdua lalu mencari pertolongan (http://www.republika.co.id/berita/senggang/film/13/06/03/mnryeq-fast-and-furious-6-masih-rajai-box-office-as).

“Fast & Furious 6” (Fast Six) menceritakan satu kelompok kriminal profesional yang pimpinan Dominic Torreto (Diesel) yang pensiun pasca-perampokan mereka di Fast Five (2011), tetapi masih buron. Agen US Diplomatic Security Service (DSS), Luke Hobbs (Johnson), berjanji menghapus catatan kriminal mereka dan mengizinkan mereka pulang jika mau membantunya memburu sebuah organisasi pembunuh bayaran profesional yang dipimpin Owen Shaw (Evans) dan wakilnya, Letty Ortiz (Rodriguez). (http://id.wikipedia.org/wiki/Fast_%26_Furious_6).

Sementara Joe Taslim dalam film itu tampil memerankan tokoh antagonis bernama Jah. Dalam trailer film tersebut, Jah menampilkan aksi tendangan udara yang menghantam tubuh Roman Pearce (Tyrese Gibson). (http://www.republika.co.id/berita/senggang/film/13/02/06/mhshzs-ini-aksi-joe-taslim-di-fast-and-furious-6). Jah digambarkan sebagai pembunuh berdarah dingin yang dalam aksinya menggunakan seni bela diri dan keterampilan parkour untuk melawan jagoan di film ini yang diperankan Paul Walker dan Vin Diesel.

Pada satu kesempatan bertemu di Jakarta, Joe mengaku  merasa bersyukur bisa bergabung ke dalam salah satu produksi film besar Hollywood ini. Joe bisa merasakan pola kerja dalam skala yang begitu besar. "Karena industri mereka (Hollywood) sudah lama dan market yang mereka tuju adalah penonton dunia, jadi otomatis secara budget, teknologi, mereka jauh lebih bagus," tutur Joe.

Namun untuk kualitas dan spirit kerja para aktor, diakui Joe tidak jauh berbeda dengan aktor Indonesia. Ia merujuk apa yang dirasakan dalam film "The Raid" dan beberapa filmnya. Menurut Joe, perannya di film Hollywood-nya yang pertama ini cukup untuk membuat penonton "ngeh" bahwa ada orang Indonesia di film ini (http://www.republika.co.id/berita/senggang/film/12/12/14/mf0dfx-joe-taslim-aktor-indonesia-tak-kalah-dengan-hollywood).


Bergabungnya Joe Taslim dalam Fast Six tidak lepas dari peran Gareth Evans,  sutradara film "The Raid". Evans membantu Joe membuat video casting untuk dikirim ke Justin Lin, sutradara film "Fast Six". "Mereka nonton The Raid dan mereka lihat saya cocok untuk karakter yang mereka cari. Kemudian mereka coba saya untuk casting. Mereka kirim dialog dan kemudian saya rekam dan kirim balik ke mereka," tutur pria kelahiran Palembang, 23 Juni 1981 ini. Proses casting ini berlangsung cukup lama. Joe diminta beberapa kali untuk mengirimkan video casting.

"Tapi satu bulan kemudian mereka kasih jawaban. Mereka bilang sutradara suka, studio, produser juga suka. Dan waktu itu saya masih nggak nyangka," ujar Joe seraya mengatakan tawaran film "Fast Six" datang saat "The Raid" masih diputar di Indonesia. Mendapat peran di film besar tentu jadi kebanggaan bagi Joe. "The Raid" kata Joe, telah mengubah dirinya. “Saya banyak belajar dalam proyek itu," ujar pemeran Jaka di film The Raid ini (http://www.republika.co.id/berita/senggang/film/12/12/14/mf0cbb-casting-fast-six-joe-taslim-dibantu-gareth-evans).

Awalnya, Joe sempat merasa minder pada nama-nama besar seperti Vin Diesel, Dwayne "The Rock" Johnson, Michelle Rodriguez, Luke Evans, Paul Walker, dll. Namun kata Joe, mendunianya The Raid membuat pendekatannya dengan seluruh kru film "Fast Six" jadi lebih mudah. "Mereka cuma nanya, ‘dari indonesia ya? kita udah liat film The Raid, keren filmnya, dan kita seneng elo ada di film ini’. Diapresiasi seperti itu jujur gue seneng banget, dan yang ngomong itu Vin Diesel," ujar Joe.  Meski begitu, sebagai "anak baru", Joe tetap menghormati mereka yang lebih lama berkecimpung di dunia film. “Saya bilang saya orang baru dan minta input dari mereka," jelas Joe yang juga atlet Judo Indonesia ini (http://www.republika.co.id/berita/senggang/film/12/12/14/mf0azm-syuting-bareng-vin-diesel-ini-kata-joe-taslim).

Di dalam situs IMDB, Joe disebutkan sebagai model Indonesia, aktor, dan mantan atlet Judo. Pria bernama lengkap Johanes Taslim ini menjadi terkenal setelah membintangi dalam film laga The Raid: Redemption. Selain sebagai atlet judo, Joe mengenal seni bela diri lainnya sejak masih kecil seperti  wushu, taekwondo, dan pencak silat. Namun ia lebih menemukan gairahnya dalam Judo hingga menjalani karir sebagai atlet judo profesional. Dia pernah memenangkan beberapa medali emas di kejuaraan nasional, medali emas di kejuaraan South East Asia Judo 1999, dan meraih medali perak di Asean Games 2007. Joe menjadi anggota tim nasional Judo Indonesia 1997-2009. Cedera memaksanya pensiun sebagai atlet profesional (http://www.imdb.com/name/nm3029144/bio).

Iko Uwais dengan Keanu Reeves
“Veteran” film The Raid lainnya, Iko Uwais, tak kalah majunya. Iko akan memulai debutnya di kancah perfilman Hollywood lewat film Man of Tai Chi. Film ini akan disutradarai dan sekaligus dibintangi Keanu Reeves. Kepastian Iko membintangi film ini diumumkan melalui Twitter resmi Golden Globe, Juli 2012 lalu. Bunyi tweet akun Twitter resmi hollywood Foreign Press Association (HFPA) dan Golden Globe Awards ini yang di-tweet-kan pada Jumat 13 Juli 2012 ini, “Bintang film The Raid Iko Uwais bergabung sebagai pemain di drama aksi Man of Tai Chi, arahan sutradara debutan Keanu Reeves".

Film Man of Tai Chi mengisahkan tentang perjalanan spiritual Tiger Chen (petarung martial arts). Film ini akan mengambil setting di Beijing. Film Man of Tai Chi diproduseri Lemore Syvan. Sedangkan untuk naskah film ditulis Michael G. Cooney.  Film ini diproduksi oleh Village Roadshow Asia, China Film Group, Wanda Media Group, dan akan didistribusikan secara internasional oleh Universal Pictures. Man of Tai Chi rencananya akan tayang di bioskop pada tahun ini juga (http://celebrity.okezone.com/read/2013/02/07/535/758137/iko-uwais-main-bareng-keanu-reeves-di-man-of-tai-chi).**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar