3/16/2013

Paus Sederhana yang Diharap "Ramah Islam" Seperti Paus Yohanes


"Syafi'i Maarif: Paus baru diharap tidak mendukung zionisme"

Paus baru Gereja Katolik Vatikan membuat misa publik pertamanya setelah terpilih pada 14 Maret 2013. Dalam misa tersebut, Paus Fransiskus memperingatkan Gereja Katolik bukan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang merupakan kelompok amal namun lupa misi sebenarnya. Jika pendahulunya, Paus Benediktus menyampaikan khotbah pertamanya mengenai visi luas  gereja, Paus Fransiskus akan berfokus pada iman. Demikian diberitakan Republika Online.

Paus Fransiskus I

Meski begitu, sebagai paus yang selain merupakan Kepala Negara Vatikan juga sebagai pimpinan spiritual tertinggi Gereja Katolik, dia harus segera menghadapi berbagai skandal yang membelit gereja katolik seperti skandal seks, korupsi, dan perselisihan. Selain itu, dia juga memiliki pe-er untuk kembali menjalin hubungan harmonis dengan dunia Islam setelah paus sebelumnya dianggap provokatif pada dunia Islam.

Seperti kita ketahui, Paus Bendiktus XVI sepanjang masa jabatannya seringkali membikin merah telinga pimpinan Islam dunia. Pada 2006, dia menguraikan sebuah anekdot yang menggambarkan Nabi  Muhammad suka berperang dan menyebarkan ajaran dengan pedang.  Memang, ia berulang kali membantah hal itu dan meminta maaf. 

Lalu hubungan Islam-Kristen mesra kembali tiga tahun kemudian. Namun, putus lagi menyusul seruan Paus Benediktus  agar pimpinan dunia Arab melindungi   minoritas Kristen setelah terjadinya serangan bom bunuh diri pada Januari 2011 di Gereja di Alexandria, Mesir (http://www.tempo.co/read/news/2013/03/15/117467237/Al-Azhar-Sambut-Gembira-Paus-Fransiskus). Terakhir, beredar foto paus bernama asli Joseph Alois Ratzinger ini seperti sedang salat di Mesjid Biru Turki. Mungkin ini upaya terakhirnya sebelum mundur untuk menyampaikan pesan perdamaian seperti paus terdahulunya, Paus Yohanes Paulus II, yang rela mencium Al-Quran.

Atas seruan Paus Benediktus tersebut, Imam Besar Al-Azhar, Ahmed Al-Thayeb, sempat melontarkan kritik. Menurut Thayeb, apa yang dilakukan Paus merupakan bentuk intervensi yang tidak patut terhadap urusan dalam negeri Mesir. Pemimpin umat Khatolik sedunia itu seharusnya memberikan solusi bukan mengeluarkan pernyataan yang memicu ketegangan, demikian dikatakan Thayeb yang secara terang-terangan juga mengutuk pemboman gereja Malam Tahun Baru yang menelan korban 21 jiwa itu (http://www.tempo.co/read/news/2013/03/15/117467237/Al-Azhar-Sambut-Gembira-Paus-Fransiskus).



Gaya Paus Benediktus ini memang berbeda sekali dengan Paus Yohanes Paulus II, yang mampu meningkatkan hubungan antara Islam dan Katolik. Ia mempertemukan pemimpin Yahudi, Kristen dan Islam di Assisi, Italia. Upaya itu membuatnya dihormati seluruh umat agama di dunia (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/03/14/mjn7o5-paus-fransiskus-i-diharapkan-tak-seperti-benediktus).

Dengan melihat latar belakang Paus baru yang datang dari negara dunia ke-3 ini, dunia Islam berharap jembatan yang rusak antara Islam dan Kristen bisa dibangun lagi. Wakil Rektor Universitas Lahore, Pakistan, Adil Najam mengatakan, umat Islam seluruh dunia berharap Paus terpilih akan meniru langkah yang dilakukan Paus Yohanes Paulus II. Adil menganggap Paus Yohannes mampu mendedikasikan kedudukannya untuk meningkatkan hubungan dengan umat agama lain, termasuk umat Islam. "Paus sebelumnya gagal melakukannya. Karena itu, menjadi satu harapan bahwa seseorang akan menyembuhkan luka dan membangun kembali jembatan yang rusak," ujarnya (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/03/14/mjn7o5-paus-fransiskus-i-diharapkan-tak-seperti-benediktus).

Hal senada dikatakan cendikiawan muslim yang juga pimpinan Muhammadiyah, Syafi’i Maarif. Paus baru juga, menurutnya, jangan sampai meniru kekeliruan paus sebelumnya yang sempat mengeluarkan pernyataan menyingung umat Islam, dan tidak mendukung zionisme (http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/radio/onairhighlights/reaksi-tokoh-muslim-indonesia-atas-paus-fransiskus-dialog-kemanusiaan/1102668).

Paus Fransiskus yang semula merupakan Kardinal Argentina bernama asli Mario Jorge Bergoglio, dianggap telah memecah tradisi kepausan Gereja Katolik Roma. Ia menjadi paus pertama dalam 1.300 tahun yang bukan berasal dari Eropa. Ia pun paus pertama yang memilih nama Fransiskus I, dari nama santo Fransiskus Asisi yang membuang kekayaannya untuk hidup melayani dalam kemiskinan.

Fransiskus atau Francis menjadi paus ke-266 sepanjang sejarah 2.000 tahun gereja berdiri. Fransiskus akan menjabat posisi pimpinan tertinggi Gereja di tengah berbagai krisis yang melanda Vatikan mulai skandal-skandal, perselisihan internal dalam birokrasinya, termasuk masalah finansial. Seperti halnya Paus Yohanes Paulus II dan Benediktus XVI, Fransiskus juga seorang konservatif. Ia menentang keras pernikahan sejenis dan aborsi. Agaknya kebijakan moral tanpa kompromi dari dua paus sebelumnya akan ia teruskan (http://internasional.kontan.co.id/news/misi-terberat-paus-fransiskus-i/2013/03/14).

Dalam hal penentangan terhadap pernikahan sejenis, Paus Fransiskus pernah berseteru dengan mantan Presiden Argentina Nestor Kirchner (yang adalah suami dari Presiden Argentina sekarang). Meskipun begitu Kirchner tetap memberi selamat pada Fransiskus atas terpilihnya dia sebagai paus.

Media lalu sempat merilis foto Kirchner yang bersalaman dengan Paus Fransiskus saat dia masih menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires. Meski demikian, Paus Fransiskus tetap menolak untuk memberikan dukungan atas kebijakan Kirchner yang pro-aborsi dan pro-gay (http://international.okezone.com/read/2013/03/14/414/775517/suami-presiden-argentina-pernah-dikecaman-paus-fransiskus).

Selain itu, dia dikenal sederhana.  Dia memilih naik bus ketika bekerja dibandingkan naik limosin yang disediakan untuknya. Bergoglio juga memilih tinggal di sebuah apartemen dibandingkan istana uskup agung. Dia memasak makanannya sendiri. Banyak yang menyebut, Paus Fransiskus tersebut memiliki reputasi menyuarakan rakyat miskin (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/03/14/mjmop7-biasa-naik-bus-paus-baru-akan-naik-mercedes-rp-49-m).



(penyusun tulisan: ruri andayani)

News peg:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar