"Masyarakat
Indonesia menghabiskan setidaknya 197 jam untuk menonton sinetron"
Aktivitas masyarakat Indonesia menonton TV pada tahun 2012 mengalami penurunan
1 persen dibanding 2011. Demikian dilansir satu lembaga pemeringkat belum lama
ini. Apakah ini menunjukkan adanya tren pergeseran aktivitas masyarakat
Indonesia ke hal yang lebih baik (biarpun hanya 1 persen), ke membaca misalnya?
Berapa banyak anda menonton TV? |
Tanpa
menyebutkan penyebab penurunan tersebut, ternyata tetap saja kegiatan masyarakat
kita dalam menonton TV masih tertinggi dibandingkan kegiatan lain seperti
membaca koran atau mendengarkan radio. Parahnya, sinetron masih tetap yang
paling menyita waktu masyarakat Indonesia dalam menonton TV.
Managing
Director PT Nielsen Company Indonesia Irawati Pratignyo, menyebutkan, masyarakat
Indonesia menghabiskan setidaknya 197 jam untuk menonton sinetron. Mereka
menghabiskan 24 persen dari jam menonton untuk melihat opera sabun sepanjang
tahun, demikian Republika Online melansir.
Sementara
itu, aktivitas membaca surat kabar masih stagnan di tingkat 13 persen,
mendengarkan radio turun dari 41 persen menjadi 25 persen, sedangkan rasio
penetrasi televisi mencapai 94 persen, turun 1 persen dibandingkan 2011. Film
seri masih menjadi yang paling banyak ditonton masyarakat Indonesia. “Hal ini
disebabkan oleh waktu tayangnya tepat ketika masyarakat berada di depan
televisi seperti malam hari," ujar Irawati (lihat: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/03/06/mj82rm-masyarakat-indonesia-habiskan-197-jam-menonton-sinetron).
Jadi,
kemana gerangan larinya yang satu persen? Mungkinkah mereka pindah beraktivitas
di media sosial sepeti Facebook atau Twitter. Faktanya belum lama ini Forbes memberitakan mengenai kota yang paling aktif ber-Twitter, dan Jakarta ada di nomor wahid. Menyusul kemudian New York, Tokyo,
London, Sao Paolo, dan…. Bandung di peringkat ke-6. Sementara pada pertengahan 2012, berdasarkan
poling yang dilakukan Socialbakers.com (satu situs analitik online), Indonesia sempat
menempati peringkat ke-4 pengakses Facebook
terbesar di dunia, turun dari semula ke-3 (lihat: http://www.merdeka.com/teknologi/indonesia-peringkat-ke-4-pengakses-facebook-terbesar-di-dunia.html).
Bahwa
masyarakat Indonesia pada umumnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk
menonton TV daripada membaca, bukan isyu baru lagi. Bahkan melihat rasio perbandingan
jumlah pembaca surat kabar di Indonesia jika dibanding Malaysia saja misalnya,
kita selalu saja kalah set. Jika
standar Unesco menyebutkan bahwa yang ideal 1 surat kabar dibaca 10 orang,
makan di Indonesia 38 orang. Bandingkan dengan Malaysia 20 orang, Singapura 8
orang, bahkan di Jepang satu orang membaca 3-4 koran (http://domu-ambarita.blogspot.com/2008/06/koran-lokal-berebut-kue-otonomi-daerah_05.html).
Ihwal
gandrungnya orang Indonesia menonton barangkali juga bisa dilihat dari kesuksesan
produsen-produsen pesawat televisi menjual produknya. “Konsumen Indonesia
merupakan pasar yang potensial untuk pemasaran produk televisi,” begitu kata Jun
Nishioka, Presiden Direktur PT Toshiba Visual Media Network Indonesia awal 2012
lalu. Maka, dengan percaya diri Toshiba menargetkan penjualan TV-nya akan mencapai
1,06 juta unit pada tahun itu (lihat:http://www.neraca.web.id/index.php/harian/article/12717/Toshiba.Targetkan.Penjualan.Naik.25). Pernyataan naiknya pangsa pasar televisi di Indonesia juga diungkapkan oleh
produsen televisi LG dan Panasonic.
Sinetron, Oh!
Tingginya aktivitas masyarakat Indonesia dalam menonton televisi, apalagi yang ditonton adalah sinetron (dan kita tahu sinetron nasional kita seperti apa), sesungguhnya agak menakutkan jika dikaitkan dengan satu teori bernama Teori Kultivasi. Teori ini menyebutkan, televisi menjadi media atau alat utama dimana para penonton televisi belajar tentang masyarakat dan kultur (budaya) di lingkungannya.
Sinetron, Oh!
Tingginya aktivitas masyarakat Indonesia dalam menonton televisi, apalagi yang ditonton adalah sinetron (dan kita tahu sinetron nasional kita seperti apa), sesungguhnya agak menakutkan jika dikaitkan dengan satu teori bernama Teori Kultivasi. Teori ini menyebutkan, televisi menjadi media atau alat utama dimana para penonton televisi belajar tentang masyarakat dan kultur (budaya) di lingkungannya.
Dengan kata lain, persepsi yang
terbangun di benak pemirsa tentang masyarakat dan budaya sangat ditentukan oleh televisi. Ini
artinya, melalui kontak pemirsa dengan televisi, mereka belajar tentang
dunia, orang-orangnya, nilai (nilai sosial) serta adat dan tradisinya. Teori kultivasi dikembangkan dari proyek penelitian skala besar berjudul
“Indikator Budaya”
oleh George Gerbner dan Larry Gross dari University of Pennsylvania, untuk meneliti efek jangka panjang televisi terhadap khalayak.
Jika teori kultivasi ini benar adanya, mungkinkah
kekerasan (misalnya) dalam adegan-adegan sinetron di Indonesia telah terekam dalam
benak masyarakatnya, sehingga begitu banyak belakangan ini aksi-aksi
kriminalitas yang melibatkan kekerasan. Mudah-mudahan tidak, karena kita
tahu seperti apa kualitas sinetron-sinetron kita, yang bahkan produsernya
sendiri pernah diisukan melarang anak-anaknya menonton sinetron buatannya
sendiri. Alamaak!! **
(penulis:
ruri andayani)
Newspeg:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar