3/30/2013

Awas, Kartu Kredit Jangan Digesek Dua Kali


"Kartu yang biasa digunakan di Indonesia tiba-tiba dipakai untuk bertransaksi di Meksiko dan Amerika”

Bank Indonesia (BI) mengimbau kepada para pemilik kartu kredit dan kartu debit, agar memastikan kartu hanya digesek satu kali saat bertransaksi. Tujuannya adalah untuk menghindari penyalahgunaan, seperti misalnya penggandaan/duplikasi kartu. Hal ini disampaikan BI menyusul kasus pencurian data nasabah kartu kredit dan debit, saat bertransaksi di gerai The Body Shop Indonesia.
jangan digesek dua kali di dua mesin!

“Berdasarkan temuan, ada yang ketika bertransaksi kartu digesek pada mesin electronic data capture (EDC) hingga dua kali,” ujar Deputi Gubernur BI, Hartadi A Sarwono. Saat berita ini diturunkan Jumat (29/3), BI masih sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus ini (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/03/29/mkdsi3-bi-imbau-masyarakat-hatihati-gunakan-kartu-kredit).

Imbauan ini disampaikan BI terkait kasus penyalahgunaan kartu kredit dan kartu debit yang dialami nasabah Bank Mandiri, BCA, dan juga BNI. Setelah ditelusuri, Ini terjadi pada nasabah yang bertransaksi  di gerai The Body Shop Indonesia. Penggesekan dua kali ini dilakukan pihak merchant dengan alasan untuk administrasi.

BI, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), serta bank terkait, telah menemui pihak The Body Shop. Diketahuilah bahwa data kartu diduga dicuri di merchant The Body Shop karena adanya double swipe atau kartu digesek dua kali. “Latar belakang Body Shop melakukan double swipe adalah untuk kepentingan rekonsiliasi data transaksi melalui EDC, dengan pencatatan di sistem cash register, " terang Kepala Grup Humas BI, Difi A Johansyah, Ahad (24/3).
Difi mengatakan, umumnya jika dilakukan penggesekan, data yang terekam dari kartu kredit adalah nomor kartu, expire date, dan Card Verification Value (CVV) berupa tiga angka di bagian belakang kartu kredit. "Sebenarnya yang diperlukan merchant hanya data nomor kartu, yang dapat diperoleh melalui input data/key in," ujar Difi (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/03/24/mk5r66-ini-alasan-body-shop-gesek-dua-kali-kartu-kredit). 

Akan tetapi menurut pihak AKKI, praktik double swipe itu bukan penggesekan di mesin yang sama, melainkan setelah digesek ke mesin EDC kartu juga digesek pada alat lain untuk kepentingan merchant. General Manager AKKI, Steve Marta mengatakan, data hasil penggesekan kedua itu kemudian dimasukkan pihak tertentu ke dalam suatu jaringan kemudian disebarluaskan. "Ada penjahat di dalam jaringan itu," ujarnya. Untuk pengamanan, kata Steve, industri akan membuat aturan apakah merchant boleh melakukan double swipe atau tidak (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/03/21/mk04l9-waspadai-praktik-double-swipe-saat-bertransaksi-dengan-kartu-kredit). 

Sebagai tindak lanjut kasus ini, AKKI sudah menyurati sejumlah merchant yang diduga terlibat penyimpangan tersebut. Senior Vice President Consumer Cards Group Bank Mandiri, Boyke Yurista, mengatakan, pihaknya sudah melakukan tindakan pencegahan dengan memblokir sejumlah kartu debit dan kartu kredit yang berpotensi menjadi korban penggandaan kartu. 

Boyke memaparkan, kartu kredit yang diblokir berjumlah di bawah 20 kartu dengan nilai transaksi di bawah Rp 25 juta. Sedangkan kartu debit di bawah 100 kartu dengan nilai transaksi Rp 200 juta. Jumlah kartu kredit yang mengonfirmasikan terkena fraud tersebut, kata Boyke, tak banyak. Sebab, kartu Bank Mandiri sudah dilengkapi Europay-Mastercard-Visa (EMV) Compliance yang tidak lagi memakai magnetic stripe (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/03/22/mk229r-bank-mandiri-tegur-merchant-bermasalah).

Sementara itu Direktur Mikro dan Ritel Banking Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, kartu yang diblokir hanya yang pernah bertransaksi di The Body Shop Indonesia.  Kejahatan kartu kredit  (fraud) ini terendus saat Bank Mandiri menemukan adanya transaksi mencurigakan. "Kartu yang biasa digunakan di Indonesia tiba-tiba dipakai untuk bertransaksi di Meksiko dan Amerika. Padahal setelah dicek ke nasabah, kartu-kartu itu tidak pernah digunakan di sana," katanya

Kartu duplikat itu hanya bisa digunakan di negara-negara yang masih menggunakan sistem magnetic stripe. Di Indonesia, ada dua sistem yang digunakan pada kartu kredit, yaitu chip dan magnetic stripe. Penggunaan chip pada kartu kredit bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan kartu kredit. Adapun transaksi kartu kredit dengan magnetic stripe sebenarnya sudah dilarang. Sedangkan pada kartu debit, magnetic stripe ini baru dilarang mulai 1 Januari 2016 (http://www.tempo.co/read/news/2013/03/19/087467917/Data-Kartu-Kredit-Ini-Dicuri-untuk-Belanja-di-AS). 

Akibat kasus ini, Manajemen PT Bank Central Asia (BCA) Tbk menyatakan, nilai kerugian yang dialami tak sampai Rp 1 miliar. Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja,  mengungkapkan, kerugian nasabah itu sepenuhnya ditanggung  bank (http://www.tempo.co/read/news/2013/03/27/087469762/Data-Dicuri-BCA-Klaim-Kerugian-Tak-Sampai-Rp-1-M). 

Pihak The Body Shop yang diwakili Chief Financial Officer-nya, Jahja Wirawan Sudomo, mengatakan, jika ada karyawannya yang terbukti mencuri data nasabah, akan dipecat dan diserahkan ke kepolisian. Untuk mencegah kejadian serupa, The Body Shop tidak menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit. Berdasarkan laporan yang diterima dari perbankan, ada 30 data nasabah yang dicuri. Transaksi dilakukan sepanjang Maret 2013. (http://www.tempo.co/read/news/2013/03/19/087467917/Data-Kartu-Kredit-Ini-Dicuri-untuk-Belanja-di-AS).

Berkaitan dengan terjadinya transaksi mencurigakan di luar negeri, sebagai produsen kartu alat pembayaran dunia, Visa mengaku sedang melakukan investigasi termasuk memantau jaringannya untuk menemukan kegiatan transaksi yang tidak wajar. Dalam siaran persnya Kamis (21/3), Visa bisa memastikan tidak menemukan kejanggalan pada sistem proses transaksi utama Visanet. Visa juga menganjurkan pemegang kartu untuk memantau rekening secara teratur, meneliti bukti-bukti transaksi, dan segera menginformasikan bank bila ada aktivitas tak wajar.

Sebelumnya, BI meminta Visa bertanggung jawab terhadap kasus ini. "Dari informasi kami, di sistem kami tidak ada yang kena fraud. Ini memang data kartu kredit tersebut disalin dan disalahgunakan di luar negeri. Seharusnya Visa yang bertanggung jawab," kata Direktur Akunting dan Sistem Pembayaran BI, Boedi Armanto (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/03/21/mk0l2l-visa-investigasi-pencurian-data-kartu-kredit). 

BI mendata, hingga Februari 2013, penggunaan kartu kredit yang tidak sesuai ketentuan alias fraud mencapai 6.100 transaksi senlai Rp 7,5 miliar. Sedangkan total fraud kartu debet dan kredit sepanjang 2012 mencapai 24.363 transaksi senilai Rp 37,2 miliar (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/03/22/mk1xf6-bank-penerbit-kartu-diminta-awasi-merchant).**


News peg:




43 komentar:

  1. Thanks for the information presented on your website
    Very in waiting for other information

    obat varikokel tradisional
    obat benjolan di payudara

    BalasHapus
  2. Tahukah anda bahwa hewan laut bernama teripang emas ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah mampu dijadikan Obat Infeksi Pencernaan, Obat Bopeng, Obat Keloid, Obat Infeksi Paru paru, Obat Kusta Alami hal tersebut bukan tanpa bukti melainkan telah banyak orang yang meraskan khasiat dan manfaat luar biasanya.

    BalasHapus
  3. We are provides list of Verified Foogle Packers and Movers get free quotes compare to save money and select the best # www.fooglepackers.com
    packers and movers bangalore
    packers and movers gurgaon
    packers and movers pune

    BalasHapus
  4. http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-noida.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-ghaziabad.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-faridabad.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-thane.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-navi-mumbai.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-kolkata.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-guwahati.html
    http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chandigarh.html

    BalasHapus
  5. the information you share is very useful
    Highly awaited other latest news

    obat migrain tradisional
    jantung rematik pada anak
    obat tradisional ablasio retina

    BalasHapus
  6. There are anything’s packing and goods better shifting services in Gurgaon, No big names with but, fame gained almost offering relocation enlisted on our website (Foogle Packers) and on top services of the entire growth keep dealing with Away experts trust upon of budget reasonable while assist a car and motor vehicles or installed from one location tracking with their products and also give for help to wonderful assist a decant of best packer and mover in Pune as well as process companies.

    http://www.fooglepackers.com/packersmoversbangalore.html

    http://www.fooglepackers.com/packersmoversdelhi.html

    http://www.fooglepackers.com/packersmoversgurgaon.html

    BalasHapus
  7. this is the best page I've ever visited happy to be on your page I found your page from google
    Cara Mengobati Kolesterol
    Cara Mengobati Jantung Koroner

    BalasHapus
  8. do not easily tired role, because with us easily tired of any effort we do will be in vain. therefore we must keep the spirit of delam running all these things. thank you for inspiring me
    Solusi Mengatasi Mata Minus Secara Alami
    Akibat Iritasi Mata Merah Dan Cara Mengatasinya
    Cara Menyembuhkan Mata Merah Dengan Madu

    BalasHapus
  9. The article you created is very easy to understand, Thank you good article

    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/


    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    BalasHapus
  10. I am proud of the articles that you have because all the contents are very interesting and very useful.

    Cara Mengobati Infeksi Usus Secara Alami
    Komplikasi dan Pencegahan Infeksi Rahim
    Penyebab Ginjal Bengkak dan Pencegahannya

    BalasHapus
  11. hopefully what we inform you is useful for you all
    Cara Mengobati Jantung Bocor Secara Alami

    BalasHapus
  12. Thank you for the cooperation that has been established, we will discuss it again next time.
    Penyebab Maag Kronis Kambuh

    BalasHapus
  13. I hope you can receive information from us.
    Obat Nyeri Perut Dibagian Bawah

    BalasHapus
  14. The article you created is very helpful. thanks

    Umpan Ikan Lele Musim Hujan

    BalasHapus
  15. For those of you who like fishing, please visit our website.

    Essen Ikan Tawes Air Keruh

    BalasHapus
  16. Thank you for the information you convey. Let's see our website.

    Resep Umpan Ikan Patin Babon

    BalasHapus
  17. Your article is very helpful, let's also see our website.

    Essen Oplosan Ikan Nilem Terupdate 2019

    BalasHapus
  18. Like fishing for carp? visit our website.

    Essen Ikan Mas Garung

    BalasHapus